Nilai Depresiasi Mobil Bekas

Salah satu cara menyiasati harga mobil baru yang relatif mahal yaitu dengan membeli mobil bekas. Mobil bekas selalu memiliki harga yang lebih murah dan terjangkau bahkan ada juga yang dijual dengan harga yang berbeda jauh hingga ratusan juta. Namun tentu saja masih banyak faktor-faktor yang mempengaruhi harga mobil bekas yang tidak tentu tersebut.

Saat ini sudah banyak showroom terpercaya di Indonesia yang menawarkan berbagai merk dan tipe mobil bekas dengan harga yang terjangkau. Bahkan banyak pemilik mobil bekas yang juga menjual mobil mereka dengan tujuan untuk menggantinya dengan yang baru. Banyak pilihan mobil akan memudahkan anda bisa memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.

Depresiasi Harga Mobil Bekas

Membeli mobil bekas terkadang dipandang sebelah mata oleh banyak orang dan dianggap tidak menguntungkan padahal sebenarnya banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari membeli mobil bekas salah satunya yaitu memiliki nilai penyusutan atau depresiasi yang kecil atau tidak drastis. Pencegahan tepat agar depresiasi mobil tidak menurun drastis adalah dengan membeli mobil bekas.

Biasanya mobil baru akan memiliki depresiasi yang lebih tinggi bahkan pada tahun pertama pemakaian bisa menurun sekitar 10% hingga 15% di mana nilai ini cukup besar. Bukan hanya setahun, bahkan mobil baru yang baru saja digunakan selama seminggu artinya sudah merupakan mobil bekas yang membuat harganya menutun drastis.

Biasanya semakin tua mobil atau semakin lama masa pakainya masa nilai depresiasi mobil akan kecil. Bahkan pada tahun kedua pemakaian, nilai depresiasi hanya sekitar 8% hingga 10%. Biasanya mobil dengan pemakaian lebih dari 5 tahun memiliki nilai depresiasi yang sangat kecil.

Maka dari itu bagi anda yang ingin membeli mobil bekas bisa memilih yang memiliki masa pakai setidaknya 5 tahun. Penurunan harga mobil bekas setelah berumur 5 tahun tidak terlalu signifikan lagi sehingga anda bisa menjualnya lagi di kemudian hari tanpa harus merasakan kerugian yang besar karena nilai depresiasi yang tinggi.