Tips Cara Pembuatan Rumah Ramah Lingkungan

Rumah Ramah Lingkungan

Ketika anda ingin membuat rumah ramah lingkungan anda harus melakukan Penelusuran dulu ke tempat yang akan dibangun. Rumah ramah lingkungan tidak cocok apabila dibangun di lokasi-lokasi seperti pinggiran sungai, , atau di sekitar area pembuangan sampah.

Selain itu juga, pembuatan rumah ramah lingkungan harus tetap memerhatikan rencana tata letak lahan yang telah berlaku. Rumah harus berada di sekitar kawasan yang sudah diatur sebagai lahan yang layak ditempati.

Berikut ini cara memilih rumah ramah Lingkungan :

1. Memilih Lokasi yang layak dihuni
dalam memilih lokasi untuk melakukan pembangunan rumah ramah lingkungan sebaiknya anda melakukan penelusuran duluke berbagai tempat yang sudah dipilih letaknya.

2. Bahan –bahan Pembuatan Rumah Ramah Lingkungan
Carilah Bahan yang bagus, tepat, efisien, dan ramah lingkungan. Sebaiknya gunakanlah produk lokal yangbagus dan berkualitas. Rumah ramah lingkungan ini juga harus memiliki pondasi yang kokoh agar dapat bertahan lama. untuk pemilihan bahan bakunya lebih baik anda langsung saja dating ke indsutri panrik untuk dapat langsung memilih bahan-bahan yang dibutuhkan.

Atau anda juga bisa memanfaatkan material bekas atau sisa bahan renovasi, misalnya genteng bekas, kayu atau bambu bekas perancah, kusen lama.

3. Pemanfaatan Lahan Hijau
Semakin banyak pohon yang ditanam, udara makin sejuk dan oksigen yang dihasilkan dapat mencegah pemanasan global. Ciptakan roof garden atau vertical garden, jika halaman tidak memungkinkan. Dinding yang dijalari tanaman rambat membuat suhu udara di luar dan di dalam turun, sekaligus untuk pasokan udara bagi penghuni.

4. Hemat Energi
ramah lingkungan yang tidak kalah penting ialah bagaimna caranya agar tetap hemat energi. Langkah untuk konsumsi energi pada rumah ramah lingkungan adalah dengan memaksimalkan energi yang terbaru seperti menggunakan energy sinar matahari.

Selain Banyak sekali memiliki manfaatnya, sinar matahari juga dapat menyebabkan potensi suhu ruangan menjadi panas. Akan tetapi lebih bagus lagi kalau anda mempunyai peredam suhu panas yang dapat ditaruh dalam rumah anda.

Selain itu, hindarilah bahan- bahan atap seperti seng atau asbes yang berisiko membuat rumah menjadi semakin panas. Dengan pemilihan bahan yang tepat dan juga telah terpasang Peredam panas, rumah ramah lingkungan tentu saja tidak membutuhkan pendingin ruangan yang boros dan banyak memakan energi.