Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak perlu dilakukan sejak dini. Anak-anak yang punya kepercayaan diri nantinya bakal bisa lebih mandiri. Selain itu, dirinya juga bisa menjadi pribadi yang lebih sukses di masa depan.

Untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan sebagai orangtua. Dilansir dari berbagai sumber, setidaknya ada tujuh cara yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan kepercayaan diri pada anak sejak dini.

1. Arahkan anak untuk membuat pilihannya sendiri

Kita bisa memulainya dengan cara paling sederhana. Seperti memberi pilihan pada anak untuk memilih hanya satu dari dua mainan yang ingin dibeli pada bulan ini. Dengan begini, anak akan terlatih untuk bisa membuat pilihan-pilihan yang lebih sulit di masa yang akan datang.

2. Izinkan anak mencoba sendiri

Sebagai orangtua kadang kita ingin mempermudah segalanya untuk anak. Namun, bila kita ingin anak bisa lebih percaya diri dan mandiri, kita perlu mengizinkan anak untuk mencoba hal-hal baru sendiri. Bisa dimulai dengan membuatnya belajar pakai sepatu sendiri setiap kali akan pergi bermain atau ke sekolah.

3. Beri pujian yang wajar

Anak perlu diberi pujian tapi yang wajar dan secukupnya. Misal, ketika anak berhasil menjadi juara kelas, alih-alih memujinya dengan, “Wah, hebat, kamu anak paling pintar sedunia,” kita bisa memujinya dengan, “Ibu sangat bahagia kamu bisa menjadi juara kelas, kamu sudah membuktikan kerja keras akan selalu memberi hasil yang manis.”

4. Beri tanggung jawab pekerjaan rumah

Dengan memberi tanggung jawab pekerjaan rumah pada anak, kemampuan anak untuk menyelesaikan masalah (problem solving skill) akan meningkat. Kita bisa memberinya pekerjaan ringan, seperti menyapu halaman atau mengepel lantai rumah pada hari tertentu.

5. Apresiasi kelebihan anak

Sebaiknya kita tak membanding-bandingkan anak kita dengan yang lain, bagaimanapun setiap anak itu unik dan punya keistimewaannya sendiri. Kita perlu memberi apresiasi pada kelebihan anak dan mendukungnya untuk terus mengembangkan diri.

6. Luangkan waktu melakukan kegiatan bersama

Agar kepercayaan diri anak meningkat, kita bisa meluangkan waktu khusus untuk melakukan kegiatan bersama dengannya. Bisa sekadar jalan-jalan ke taman atau membuat kue bersama. Dengan cara ini, kita bisa mengobrol dengan anak dan anak bisa mengeluarkan isi hatinya dengan lebih leluasa.

7. Beri dia pemahaman kalau gagal itu bukan akhir segalanya

Ketika anak mengikuti kompetisi atau pertandingan lalu kalah, jangan langsung menyudutkannya. Beri ia motivasi dan dukungan untuk berani kembali melangkah dan mencoba hal yang lebih baik lagi. Sehingga kepercayaan dirinya tidak gampang runtuh.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Cara-cara di atas merupakan cara yang terbilang paling sederhana untuk kita lakukan dan terapkan. Semoga infonya bermanfaat, ya.